Sunday, December 25, 2016

Rata Rata Orang Indonesia Menghabiskan Waktunya 5,5 Jam Sehari Dengan Smartphone



Data dari sebuah riset yang telah dilakukan, ternyata rata rata masyarakat Indonesia betah berlama lama dengan ponsel pintar mereka selama berjam-jam. Data ini cukup mencengangkan, karena sebetulnya apa saj sih yang mereka lakukan dengan ponsel pintar ini?

Dalam sebuah event bertajuk Social Media Week 2016, Karthik Venkatakrishnan selaku Direktur Digital GFK Asia, sebuah Perusahaan digital yang melakukan riset menyebutkan bahwa : “ rata rata Masyarakat Indonesia lebih banyak menggunakan waktunya di depan ponsel pintar mereka hingga 5,5 jam perhari”.



Fakta temuan ini merupakan salah satu hasil dari riset yang dilakukan oleh Digital GFK Asia terhadap kebiasaan para internet users di Indonesia.

Dalam fakta yang di rilis dari riset yang dilakukan menyebutkan tidak selalu mereka menggunakan Smartphone untuk berselancar internet atau bermedia sosial, namun perilaku lain semisal sms-an, merekam, mencatat atau membuka kalender tetap dilakukan menggunakan ponsel mereka.

Riset tersebut dilakukan terhadap lima kota besar yang mana tentunya para pengguna smartphone lebih banyak dibanding wilayah lainnya di Indonesia. Kelima kota tersebut adalah Jakarta, Bodetabek, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Adapun waktu yang diambil adalah rentang antara Oktober hingga bulan November 2015.

Dari hasil riset yang dilakukan oleh GFK, juga didapati beberapa fakta menarik lainnya semisal:
Rata rata mayoritas masyarakat menggunakan ponsel pintar untuk berselancar internet berusia di atas 13 tahun.

Dari jumlah pemakai internet secara keseluruhan, ternyata 93 persen diantaranya adalah para pengguna ponsel pintar. Tentu saja jumlah ini jauh melebihi jika di komparasi dengan para pengguna komputer ataupun pengguna tablet. Untuk pengguna Desktop komputer hanya sekitar 11 persen saja, dan tablet users sekitar 5 persen dari total pengguna internet.

Hasil data dari riset tersebut tentu saja berkesesuaian dengan data penjualan ponsel pintar yang mampu mencapai hingga 33 juta unit pada sekitar bulan November 2015.

Alasan Para Pengguna Smartphone

Ada beberapa alasan mengapa masyarakat Indonesia begitu lengket dengan gadget pada saat sekarang ini. Ditengah aktifitas sebagian masyarakat terutama yang hidup di kota kota besar yang begitu padat, Ponsel pintar seolah menjadi teman setia untuk menemani sebagai alat hiburan melepas penat dan lelah.

Ketika berada di angkutan umum misalnya atau ketika mengantri panjang di pusat pusat perbelanjaan, smartphone bisa dimanfaatkan untuk mengusir kebosanan baik untuk sekedar browsing, update status atau chatting dengan teman teman.

Itulah sebabnya masyarakat sekarang lebih memilih smartphone yang lebih lengkap fiturnya dibanding dengan fungsi dasarnya sendiri. Ponsel ponsel dengan beragam fitur terbaru dan menarik disertai dengan harga yang terjangkau pasti akan banyak diburu para pengguna smartphone di tanah air ini.

Konten Berdasarkan Jenis Usia Penggunanya


Berdasarkan dari survei yang dilakukan oleh GFK, ditemukan juga fakta menarik seputar beragam jenis topik dan konten yang sering diakses oleh para pengguna smartphone sesuai dengan golongan usianya. Topik seputar hiburan, gaya hidup, kesenangan dan kecantikan lebih banyak di akses oleh kelompok usia 13 hingga 22 tahun.

Berita seputar Ekonomi, peluang usaha, wisata dan bisnis lebih banyak disukai oleh kelompok usia 23 sampai 32 tahun. Golongan umur 33 hingga 42 tahun ternyata lebih senang dengan berita atau informasi seputar kehidupan sosial dan keagamaan.Dan golongan umur 43 hingga 53 tahun lebih senang mengakses informasi seputar keagamaan, teknologi, dan politik.

Dari data dan fakta yang dirilis oleh GFK tersebut diatas, dapat ditarik beberapa kesimpulan diantaranya:

Mayoritas masyarakat kita, ketika usia mereka bertambah maka cenderung akan lebih banyak mengkonsumsi konten dan topik topik yang lebih berat dan serius seperti contohnya soal keagamaan.

Ketika menimbang nimbang akan membeli sebuah smartphone, sebaiknya kita harus memiliki kriteria yang mana kriteria tersebut sangat berhubungan erat sekali dengan fitur dan aplikasi yang dimiliki oleh sebuah ponsel pintar.

Sebagian masyarakat yang hidup di wilayah ramai perkotaan dengan aktifitas padat, lebih condong untuk memilih smartphone dengan kemampuan penyimpanan data yang besar, daya besar, kecepatan akses yang mumpuni serta fitur fitur terbaru yang menarik..




Rata Rata Orang Indonesia Menghabiskan Waktunya 5,5 Jam Sehari Dengan Smartphone
Judul Artikel: Rata Rata Orang Indonesia Menghabiskan Waktunya 5,5 Jam Sehari Dengan Smartphone
Ditulis Oleh:
Popularitas: 5
Rating: 168 reviews

0 comments:

Post a Comment